6 Kebiasaan Makan yang Menyebabkan Kegemukan

6 Kebiasaan Makan yang Menyebabkan Kegemukan - Kebiasaan Penyebab Kegemukan atau Obesitias  ternyata berawal dari pola makan dan gaya hidup seseorang. Jika selalu melakukan kebiasaan buruk yang menyebabkan kegemukan, jangan pernah heran jika anda tidak bisa mengontrol berat badan dan sulit mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

6 Kebiasaan Makan yang Menyebabkan Kegemukan

6 Kebiasaan Makan yang Menyebabkan Kegemukan

Ada beberapa kebiasaan buruk penyebab kegemukan badan yang tanpa kita sadari sering dilakukan. Dan dampaknya adalah berat badan tidak terkontrol dan kegemukan atau obesitaspun tak dapat dihindari. Rachel Begun , MS. RD, Perwakilan Academy of Nutrition & Dietetics menguraikan 6 kebiasaan makan yang mengakibatkan kegemukan.

1. Mengkonsumsi terlalu banyak yodium

Batas konsumsi garam disarankan hanya 2.300 mg/hari atau setara dengan 1 sendok teh. Jumlahnya semakin dibatasi menjadi 1.500 mg pada orang diatas usia 50 tahun, orang yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit gangual ginjal. Akan tetapi, menurut Centers for Diseases Control di Amerika, rata-rata konsumsi garam setiap harinya lebih banyak yang daripada yang dianjurkan. Sekitar 3.300 mg atau 1,5 sendok teh bahkan bisa lebih dari itu.

Untuk mengatasinya, makanlah lebih banyak makanan yang dioleh dari bahan-bahan segar dan anda masak sendiri di rumah. Dengan demikian anda bisa mengontrol kadar atau seberapa banyak jumlah garam yang ditambahkan pada makanan yang anda masak. Kurangi mengkonsumsi makanan dalam kemasan seperti sup kalengan, daging olahan, makanan beku, salad dressing botolan, saus dan camilan.

2. Konsumsi gula terlalu tinggi

Berdasarkan American Heart Association, wanita sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 6 sendok teh gula setiap harinya. Akan tetapi, sungguh disayangkan, pada kenyataanya banyak sekali dari mereka yang menggunakannya hingga 22 sendok teh per hari.

Gula bisa terdapat pada nasi, mie ayam, kentang bahkan gorengan yang memakai tepung. Dalam jumlah cukup, gula digunakan tubuh untuk menambah energi. Akan tetapi, jika gula yang dikonsumsi berlebihan, justru akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, karena hanya akan menumpuk kalori tapi nol nutrisi.

Jika dalam bahan-bahan makanan terdapat komposisi : fruktosa, molasses, agave atau sirup malt barley, maka makanan atau minuman tersebut mengandung gula yang tinggi. Biasanya gula tersebut digunakan pada makanan atau minuman kemasan sebagai penguat rasa.

3. Kurang makan serat

Serat memperlambat sistem pencernaan untuk mengolah makanan, sehingga level energi tubuh tetap stabil dan bisa menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama, hal ini akan dapat membantu anda dalam mengontrol berat badan. Selain itu, serat juga dapat mengurangi resiko sembelit, penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Wanita perlu memenuhi kecukupan serat sebanyak 25 gram/hari. Tapi umumnya hanya makan 10-15 gram, menurut National Institute of Health.

Perbanyaklah mengkonsumsi sereal gandum utuh yang mengandung 5 gram serat saat sarapan. Untuk makan siang, pilihlah menu makanan seperti salad, tumis buncis atau kacang panjang, sayur bayam, buah-buahan dan sayuran segar. Sedangkan di malam hari, anda bisa mengkonsumsi nasi merah, pasta dari tepung gandum utuh atau sayuran segar yang dijadikan salad. Perlu diingat juga, minumlah air putih agar manfaat serat lebih maksimal.

4. Tisak makan cukup protein

Kurang makan protein dapat membuat perut anda menjadi cepat lapar, sehingga membuat anda kerap ngemil dan dampaknya adalah berat badan makin bertambah. "Protein dapat membantu anda untuk merasa kenyang lebih lama, selembar roti tawar tidak cukup untuk menyimpan energi sebaik telur yang kaya akan protein" Ujar Rachel.

Wanita perlu mengkonsumi 46 gram protein yang bisa berasal dari telur, yogurt rendah lemak, kacang-kacangan, polong-polongan, ayam, ikan, dan produk susu serta kedelai.

5. Kurang minum air

Kekurang minum air akan mengakibatkan dehidrasi yang ditandai dengan rasa lapar. Anda bisa saja merasa perlu makan padahal yang dibutuhkan adalah hanya air putih. Kebutuhan asupan cairan biasanya berbda-beda pada setiap orang, tergantung aktivitas yang dilakukan. Semakin banyak kegiatan yang dilkukan yang mengeluarkan keringat, maka bertambah juga air yang harus diminum.

Sebelum memutuskan bahwa anda merasa lapar, minumlah 1 gelas air terlebih dahulu. Jika rasa lapar itu hialng, berarti yang anda rasakan hanya haus. Tidak selalu harus air putih, anda bisa minu jus buah atau teh herbal untuk mencukupi asupan air. Selain itu, cairan juga bisa berasal dari sayuran dan buah-buahan segar.

6. Karbo

Karbohidrat putih seperti nasi putih, roti putih, mie ayam, bubur ayam, lontong, atau keripik kentang meningkatkan hormon yang dinamakan serotonin, ini menimbulkan perasaan senang dan nyaman sehingga orang ingin makan lagi dan lagi.

Karbohidrat putih ini sangat mudah untuk ditimbun menjadi lemak dalam tubuh dan jika sudah berbentuk kemasan dalam konteks penjualan, biasanya dikombinasikan dengan lemak trans yang terbentuk dalam minyak sayur yang digoreng dengan panas sangat tinggi dan ditambahkan dengan vetsin agar makanan terasa lebih gurih. Orang mengkonsumsinya berulang-ulang dan akibatnya tubuh akan menjadi penimbun toksin yang jelas bebahaya untuk kesehatan tubuh kita.

Cara sederhana untuk melangsingkan tubuh

Bagaimana cara melangsingkan tubuh secara alami mungkin saat ini anda sedang mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, dan kami siap memberikan solusi dan rekomendasi terbaik yang merupakan jawaban dari pertanyaan anda selama ini. Jika anda menginginkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, gunakanlah Slimming Capsule Green World. Sudah banyak konsumen kami yang membuktikan keampuhannya dan hasilnyapun sangat memuaskan. Anda bisa menyimak testimoni atau kesaksian para konsumen tersebut yang melakukan pengobatan dengan Slimming Capsule Obat Tradisional untuk Melangsingkan Tubuh.

Itulah 6 Kebiasaan Makan yang Menyebabkan Kegemukan. Bagi anda yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal dan berat badan yang terkontrol, hindarilah beberapa kebiasaan buruk seperti di atas. Mulai jalani pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat, berat badan anda akan terkontrol dan bentuk tubuh ideal yang selama ini anda dambakan akan segera terwujud.

0 comments "6 Kebiasaan Makan yang Menyebabkan Kegemukan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment