Bakteri Penyebab Penyakit Disentri

Bakteri Penyebab Penyakit Disentri - Berikut ini adalah beberapa jenis kuman atau bakteri jahat penyebab penyakit disentri. Jika anda memiliki keluhan penyakit disentri, kemungkinan besar itu disebabkan oleh serangan bakteri tersebut yang terjadi akibat kelalaian anda dalam memlihara kebersihan tubuh dan lingkungan. Simak sajian lengkapnya berikut ini.

Disentri adalah salah satu peradangan pada usus, terutama pada usus besar yang bisa mengakibatkan diare berat. Adapun gejala yang biasa menyertainya adalah : sakit perut dan penderitanya sering buang air besar yang encer, jika tidak segera disembuhkan maka akan berakibat fatal.

Bakteri Penyebab Penyakit Disentri

Bakteri Penyebab Penyakit Disentri

Dulu, penyakit disentri dinyatakan hanya disebabkan oleh dua hal, yaitu disentri basiler yang disebabkan oleh basil shigelal spp dan juga disentri amuba yang disebbakan oleh Entamoeba histolytica. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dibidang kesehatan, dapat diketahui bahwa penyebab penyakit disentri itu tidak hanya diakibatkan oleh kedua bakteri tersebut, ada beberapa jenis mikroorganisme jahat yang berperan aktif sebagai penyebab disenrti:

1. Shigella spp.

Sebenarnya shigelloides bisa ditemukan di mana saja. Akan tetapi, pada kasus penyakit disentri ini sendiri ditemukan di negara-negara dnegan tingkat kesehatan individual yang sangat buruk. Sejauh ini, bakteri jenis ini diketahui memiliki beberapa jenis berdasarkan reaksi biokimia dan serologi yakni, Sh.Dysentria, Sh. Bydii, dan Sh. Jlexneri.

Bakteri ini biasanya masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut dan keluar dari tubuh penderitanya bersamaan dengan feses ketika buang air besar. Biasanya makan dengan tangan yang koror setelah buang air besar, itu adalah jalan masuknya bakteri penyebab disentri ini. Dan yang paling mengejutkan adalah bakteri shigella ini adalah penyebab disentri terbanyak dibandingkan dengan penyebab yang lainnya.

2. Campylobacter spp.

Pada umumnya, penyakit disentri disebabkan oleh bakteri jenis ini adalah zoonosis, mesekipun penularannya dari orang lain melalui air yang telah terkontaminasi. Disentri yang disebabkan oleh bakteri campylobacter ini umumnya menyerang anak-anak.

3. Entero Invaisve Escherichia Coli (EIEC)

Bakteri penyebab penyakit disentri ini identik dnegan shigella, karena sifat biokimia yang sering sama yaitu: laktosa negatif, tidak bergerak, antigen somatik 0 yang bersamaan, dan juga dekarboksilasi lysinnya negatif.

Sejak tahun 1967, para ilmuwan dari Brazil, jepang dan negara-negara maju lainnya telah berhasil membuktikan serotipe tertentu dari Escherichia coli selain dari EPEC yang merupakan serotipe lainnya E. coli, telah berhasil diisolasi dari tinja diare invasif (anak-anak dan dewasa).

Saat ini telah diketahui bahwa serotipe dari E.coli yang invasif ini adalah 028ac, 029, 0112ac, 0124, 0136, 0144, 0125, 0164, dan 0167. Dan serotipe dari 0124 ini merupakan EIEC yang telah diketahui paling banyak menimbulkan letusan epidemik sebagaimana yang terjadi di Amerika SErikat.

4. Salmonella spp.

Salmonella spp. merupakan penyakit zoonosis dimana unggas merupakan reservoir-nya dan manusia tertular melalui makanan, unggas, daging, dan juga telur. Biasanya bakteri ini banyak menyerang dan terjadi pada negara atau penduduknya yang mayoritas pengkonsumsi daging.

Oleh karena itu, langkah pencegahan dan pengobatan yang paling tepat untuk meminimalisir resiko terjadinya penyakit disentri ini adalah dengan memperhatikan kebersihan tubuh dan lingkungan serta menjaga pola makan yang lebih sehat. Contoh senderhana adalah mencuci tangan sampai bersih ketika hendak makan dan setelah buang air besar dan kecil.

Cara Menyembuhkan  Penyakit Disentri

Cara menyembuhkan penyakit disentri dengan menggunakan ramuan herbal dari alam yang sangat efektif melumpuhkan dan menghambat pertumbuhan bakteri/ kuman atau mikroorganisme penyebab penyakit disentri. Lalu, dengan apa saja kita dapat melakukan pengobatan disentri dengan bahan alami? Sajian lengkapnya dapat anda simak di => Obat Tradisional Penyakit Disentri.

Itulah beberapa jenis bakteri penyebab penyakit disentri. Menjaga kebersihan dan menjalani pola makan yang lebih sehat adalah langkah utama bagi kita untuk mencegah dan mengobati penyakit disentri yang diekeluhkan. Bersih pangkal sehat memang benar adanya, mari kita mulai hidup bersih dan menjalani pola makan yang lebih sehat saat ini juga. Terima kasih, semoga bermanfaat...

0 comments "Bakteri Penyebab Penyakit Disentri", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment