Perawatan Pasca Operasi Caesar

Perawatan Pasca Operasi Caesar - Perawatan Setelah Bedah Operasi Caesar berikut ini adalah sajian informasi yang diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi anda yang telah melakukan persalinan melalui bedah operasi caesar. Simak sajiannya berikut ini.

Operasi Caesar

Perawatan Pasca Operasi Caesar
Terkadang, melahirkan tidak selalu berjalan mulus dan lancar, ada beberapa hal yang menyebabkan sang ibu tidak bisa melahirkan secara normal tanpa bantuan para ahli medis. Dengan keadaan seperti ini, maka tindakan pertolongan kepada sang ibu dan bayi harus segera dilakukan dengan cara operasi pembedahan, dan metode persalinan seperti ini disebut dengan istilah Sectio Caesarea. Sectio Caesarea berasal dari bahasa latin, Caedere yang artinya memotong. Sectio Caesarea adalah salah satu cara melahirkan janin dengan cara membuat sayatan pada dinding rahim. 

Operasi Caesar dilakukan tentunya karena adanya indikasi dari pihak medis, bahwa sang ibu tidak bisa melahirkan secara normal, ada beberapa kriteria yang akhirnya mengharuskan tindakan operasi caesar ini perlu dilakukan, yang tentunya berkaitan dengan keselamatan jiwa sang ibu dan bayinya, misalnya akibat tertutupnya jalan bagi lahirnya sang bayi oleh plasenta atau bayi dalam posisi melintang yang biasanya dikenal dengan istilah sungsang, atau bisa juga terjadi masalah pada induknya seperti adanya pendarahan sebelum menjalani persalinan dan bahkan adanya gangguan penyakit tertentu seperti : hipertensi, jantung, dan diabetes. Sehingga pihak medis menyatakan merekomendasikan untuk mengambil langkah operasi ini. 

Perawatan Pascar Operasi Caesar

Perawatan pascara operasi caesar sangat perlu dilakukan, untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala. Pada hari pertama setelah melakukan operasi, sang ibu biasanya wajib menjalani program rawat inap. Biasanya pihak medis akan memberikan beberapa jenis obat yang berdosis rendah, dalam artian tidak menimbulkan efek samping yang berkelanjutan sebagai salah satu media terapi.

Selain itu, pihak medis juga memperbolehkan pasien operasi caesar untuk mengkonsumsi makanan yang sifatnya padat atau berat setelah 24 jam pasca operasi. Bahkan ada beberapa kasus di mana pasien harus menunda waktu makannya hingga usus mampu berfungsi dengan normal kembali, biasanya fungsi usus yang kembali normal ini dapat kita ketahui dengan ditandai keluarnya gas melalui pembuangan (kentut).

Pada hari kedua dan seterusnya, kondisi pasien akan berangsur-angsur membaik, meskipun pasien akan mengalami perasaan tidak nyaman terutama pada bagian perut bekas bedah operasi. Dengan merasakan rasa sakit tersebut, sebenarnya itu adalah pertanda baik bahwa organ pencernaan pasien mulai pulih dan beraktifitas secara normal. 

Cara alami untuk mempercepat kesembuhan bekas operasi caesar

Sebenarnya, penyembuhan dan pengobatan untuk menyembuhkan bekas luka caesar dapat kita lakukan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, sangat terjangkau dan bahannyapun mudah diperoleh. Ya, metode penyembuhan pasca operasi caesar tersebut dapat anda simak lebih lanjut di artikel => Obat Tradisional Luka Bedah Caesar.

Demikianlah cara perawatan operasi caesar yang kami sajikan. Terima kasih atas kesediaan anda telah berkunjung dan menyiman Perawatan Pasca Operasi Caesar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

1 comments: