Kandungan Nutrisi dalam Rebung, Si Tunas Bambu Muda

Obat Tradisional Penyakit Amandel - Sebagian besar warga Negara Indoonesia sudah tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini. Rebung merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi, tidak hanya di Indonesia saja. Tunas bambu muda ini ternyata telah banyak dikonsumsi oleh orang Asia Timur, khususnya : China, Taiwan, Jepang dan negara Asia Tenggara lainnya.

manfaat kandungan nutrisi dalam rebung
Bambu adalah anggota dalam keluarga rumput, setelah sekitar 3-4 tahun sejak ditanam biasanya tanaman ini sudah menghasilkan tunas baru, dan tunas inilah yang dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. 

Beberapa spesies tunas bambu yang dapat dikonsumsi adalah Bambusa Bambos, Bambusa Tulda, B. Polymorpha, B. balcooa, Dendrocalamus hamiltonii, D. giganteus, dan Melocanna baccifera.

Rebung mulai muncul di permukaan tanah pada musim yang berbeda, tergantung spesies. Bentuk rebung ini kerucut dan muncul di atas permukaan tanah sebagai tunas baru yang akan tumbuh menjadi batang bambu. Cara memanennya bisa dengan menggunakan parang, dengan cara memotong dari induknya.

Rebung yang akan diolah harus terlebih dahulu dibersihkan dan lapisan kulit keras atau pelepah yang melapisi tunas bambu muda ini juga harus dibuang. Tekstur yang renyah dan lembut serta memiliki rasa netral dengan aroma yang khas akan semakin nikmat jika dipadukan dengan berbagai rempah-rempah atau bumbu dapur. 

Admin sendiri sudah tidak asing dengan masakan hasil olahan rebung yang dimasak ibu di rumah, dan rasanya? hanya satu kata, lezat. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda juga sudah pernah mencobanya? dijamin, pasti ketagihan.

Kandungan nutrisi dalam rebung

Tunas bambu muda atau rebung ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Lalu, kandungan nutrirsi apa saja yang terdapat dalam rebung ini? baiklah, mari kita simak sajian lengkapnya.

1. Karbohidrat tingkat moderat (karbohidrat NSP-non pati)

Senyawa ini merupakan serat larut dan non-larut 100 gr rebung menyediakan 2,2 gr serat yang membantu mengatasi masalah sembelit, menurunkan kolesterol jahat dengan cara mengikatya dalam usus.

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat membantu mengurangi resiko kanker usus-rektum dengan melindungi usus dari senyawa beracun dalam makanan.

2. Kaya akan vitamin

Rebung ini kaya akan vitamin B kompleks seperti : thiamin, niacin, riboflavin, vitamin B-6(pyridoxine), dan asam pantotenat yang sangat penting untuk enzimatik seluler optimal dan fungsi metabolisme.

3. Sumber mineral terbaik

Rebung memiliki kandungan mineral yang banyak, terutama mangan dan tembaga. Selain itu, zat besi, kalsium dan fosfor juga terkandung dalam tunas bambu muda ini. Mangan digunakan sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. 

Sementara tembaga diperlukan untuk produksi sel darah merah, dan besi digunakan untuk respirasi sel dan pembentukan sel darah merah.

4. Kandungan kalium yang sangat baik

Dalam 100 gr tunas bambu muda segar mengandung 533 mg kalium atau 11% dari tingkat asupan kebutuhan haran yang dibutuhkan. Kalium ini merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dengan melawan efek sodium.

Sumber : http://www.univer-science.com/2016/01/kandungan-nutrisi-rebung-dan-manfaatnya.html

Itulah kandungan nutrisi dalam rebung. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang manfaat dan kandungan nutrisi yang terdapat dalam tunas bambu muda ini. Salam sehat.

0 comments "Kandungan Nutrisi dalam Rebung, Si Tunas Bambu Muda", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment