Inilah 10 Jenis Kacang yang Membuat Anda Lebih Sehat

10 jenis kacang yang menyehatkan
Obat Tradisional Penyakit Amandel - Laporan terbaru American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang dewasa yang memasukkan kacang ke dalam menu harian mereka, mampu menjaga berat badan yang ideal dan berdampak positif pada perubahan ukuran lingkar pinggangnya.

Seorang ahli gizi bersertifikat, Mira Calton mengungkapkan bahwa "sejumlah kacang-kacangan mengandung segudang nutrisi yang sehat".

Sementara itu, Tara Gidus, ahli gizi tim basket NBA Orlando Magic juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kacang merupakan cara ideal untuk mendapatkan mikronutrien dalam makanan. Menurutnya ada 10 jenis kacang yang paling bergizi(per 1 ons poorsi), diantaranya adalah :

1. Kacang Almond
Almond, Jenis kacang yang menyehatkan

Siapa yang tak tahu dengan kacang dengan kandungan protein yang tinggi ini. Satu porsi kacang almond kaya akan vitamin E, riboflavin, niasin, dan kalsium. Kacang almond ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berperan sebagai prebiotik yang hebat dan sangat baik untuk sistem pencernaan.

2. Kacang Macadamia
kacang macadamia

Kacang yang satu ini sering dianggap sebagai kacang yang tinggi akan lemak dan kalori. Namun para ilmuwan mengatakan bahwa lemak yang dikandung adalah lemak sehat. Terdapat kandungan asam lemak omega-7 tak jenuh tunggal yang menurunkan kolesterol jahat dan menekan resiko penyakit jantung.

Selain itu, omega-7 ini juga membantu menjaga kesehatan kulit. Seporsi kacang macadamia menyediakan 100% kebutuhan thiamin harian Anda. Dan thiamin ini dibutuhkan untuk mengubah karbohidrat menjagi energi dan mengatur sistem syaraf.

3. Kacang Pinus

kacang pinus
Kacang ini mengandung dua kandungan pentng untuk kesehatan mata, yaitu lutein dan beta-karoten. Seporsi kacang pinus juga mengandung 2,5 gram mangan. Orang yang kekurangan mangan beresiko mengalami lemah jantung, kejang, dan infertilitas.

4. Kacang Kedelai
kacang kedelai

Kedelai, kacang yang merupakan bahan utama dalam pembuatan tempe dan tahu ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Kacang kedelai mengandung protein yang tinggi, yakni 11 gram per porsi. Memiliki kandungan lemak yang rendah, dan menjadi sumber vitamin K yang berperan dalam proses penyerapan kalsium.

5. Kacang Tanah
kacang tanah

Kandungan folat dalam kacang tanah cukup tinggi. Selain itu, vitamin yang juga banyak berperan dalam tubuh, termasuk membantu membentuk materi genetik di semua sel dan memungkinkan pembentukan sel darah merah.

Peran penting dari folat adalah mencegah cacat tabung syaraf pada bayi yang baru lahir. Kacang tanah ini juga mampu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil dan mencegah penyakit diabetes mellitus.

6. Kacang Brazil
kacang brazil

Kacang brazil mengandung selenium yang tinggi yang berperan penting terhadap tiroid dan menjaga fungsi kekebalan tubuh. Kacang ini juga memiliki jumlah magnesium yang tinggi dibandingkan dengan kacang camilan yang lainnya. Zat ini sangat bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan dan kepadatan tulang.

7. Kacang Walnut
kacang walnut

Walnut atau sejenis kacang kenari ini merupakan camilan sehat yang populer di dunia. Kadar asam lemak omega-3 yang tinggi mampu mengontrol kadar gula dalam darah, berperan penting dalam mengontrol pra-diabetes, dan juga sindrom metabolik.

Kacang walnut juga merupakan sumber magnesium dan fosfor yang tinggi, serta merupakan makanan penting yang dapat melawab penurunan kognitif terkait usia.

8. Kacang Pecan
kacang pecan

Mengkonsumsi kacang pecan sertiap hari mampu melindungi tubuh Anda terhadap degenerasi neuron motorik terekait usia dan gangguan seperti penyakit Lou Gehrig. Selain itu, kacang ini juga mampu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Pecan mengandung 60% lemak tak jenuh tunggal dan mengandung lebih dari 19 vitamin dan mineral.

9. Kacang Mete
kacang mete

Kacang mete memiliki lebih dari 2 kali lipat zat besi untuk 1 ons daging sapi. Kacang ini juga menyediakann 38% tembaga untuk kebutuhan harian, yang berfungsi sebagai pencegah anemia, osteoporosis, dan arthritis

Kacang mete juga merupakan sumber zat seng, dimana zat ini berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka. Dan satu lagi yang membuat kacang ini lebih spesial adalah karena kacang mete memiliki sedikit lemak per porsi dari hampur semua kacang yang lain.

10. Kacang Pistachio
kacang pistachio

Kacang ini mengandung kalori yang rendah. Seporsi kacang pistachio menyediakan 12% kebutuhan serat harian Anda. Hampir 90% kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh(lemak sehat). 

kacang pistachio juga kaya akan vitamin B6 dan thiamin serta merupakan sumber terbesar antioksidan di antara semua jenis kacang, serta dapat membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah 10 jenis kacang yang menyehatkan. Semoga sajian informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang jenis-jenis kacang yang kaya akan nutrisi dan membuat Anda lebih sehat jika mengkonsumsinya.

1 comments: