Rebung, Bahan Pangan Murah yang kaya Manfaat

Obat Tradisional Penyakit Amandel - Rebung, berbicara tentang tunas bambu muda ini mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat di pedesaan. Tapi, bagaimana dengan Anda yang berada di daerah perkotaan, pernahkah Anda mencicipi bahan pangan sederhana yang satu ini?

Rebung merupakan salah satu bahan pangan yang murah dan kebanyakan masyarakat Indonesia sudah mengenalnya. Perlu Anda ketahui, bahwa rebung tidak hanya sebagai bahan pangan saja, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam rebung ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Simak jug :
Manfaat Rebung untuk Kesehatan Tubuh

manfaat rebung untuk kesehatan

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kandungan antioksidan fitosterol yang terdapat dalam rebung mampu menangkal radikal bebas. Sehingga dengan mengkonsumsi tunas bambu muda ini secara tidak langsung Anda juga mengobati keluhan penyakit kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

2. Mengurangi resiko kanker

Kandungan serat yang tinggi dalam rebung dapat mengurangi resiko kanker, khususnya kanker di saluran pencernaan. Hal ini karena serat ini berfungsi sebagai sikat di dalam saluran pencernaan dan dengan sendirinya membersihkan zat-zat yang berpotensi memicu timbulnya sel-sel kanker.

3. Program diet sehat

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk melangsingkan tubuh, serat yang terkandung dalam rebung membuat perut merasa kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan. Rebung juga mengandung lemak dan kadar gula yang rendah, sehingga sangat direkomendasikan sebagai salah satu diet alami yang paling diminati.

4. Menekan resiko stroke

Rebung adalah salah satu bahan pangan yang telah diketahui kaya akan kalium, setidaknya 400 mg. Kalium ini mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit stroke, karena kebanyakan penderita stroke biasanya mengalami defisiensi mineral ini.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan nutrisi dalam rebung sangatlah lengkap, diantaranya : vitamin A, vitamin E, vitamin B6, asam folat, thiamine, riboflavin, dan niasin. Selain itu, juga terkandung mineral penting seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, fosfor, natrium, seng, magnesium, dan kalsium. Semua kandungan nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Menyehatkan pencernaan

Rebung dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan gasroenteritis. Selain itu, rebung juga bisa dimanfaatkan sebagai obat cacingan.

7. Mengatasi masalah pernafasan

Asam amino yang terkandung dalam rebung merupakan sumber protein yang baik. Hal ini membuat rebung memiliki potensi untuk mengatasi masalah pernafasan seperti pilek, batuk atau hidung tersumbat.

8. Menstabilkan tekanan darah

Tingginya kalium di dalam rebung membuat tunas muda dari pohon bambu ini menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaganya tetap normal. Mengkonsumsi rebung juga mampu menurunkan depresi, mengatasi penyakit mental dan kecemasan berlebih.

9. Melancarkan siklus menstruasi

Jika siklus menstruasi Anda tidak lancar, cobalah untuk mengkonsumsi rebung. Hal ini karena rebung memiliki bahan alami yang mampu membantu memperlancar siklus menstruasi serta dapat mengurangi rasa nyeri saat haid.

10. Mempercepat proses penyembuhan bisul dan luka

Berdasarkan penelitian terbaru, rebung ternyata memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bisul dan luka.

11. Memperlancar proses kelahiran

Rebung termasuk tanaman jenis uterotonika yang mampu membantu meningkatkan kontraksi rahim, sehingga dapat memperlancar proses kelahiran.

Itulah sajian informasi mengenai manfaat rebung untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai tunas pohon bambu muda ini. Dan semoga, kita bisa menjadi lebih bijak dalam mengambil manfaat dari berbagai tumbuhan yang dapat kita perolah di lingkungan sekitar kita. Salam sehat.

0 comments "Rebung, Bahan Pangan Murah yang kaya Manfaat", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment