Menakjubkan! Inilah Khasiat Daun Bambu untuk Kesehatan

Obat Tradisional Penyakit Amandel - Pohon Bambu, siapa yang tidak tahu dengan salah satu tanaman khas Asia ini? Batang pohon bambu ini seringkali dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai perabot dan kebutuhan rumah tangga lainnya seperti : meja, kursi, pagar halaman rumah, membuat kandang ternak, dan berbagai kebutuhan sehari-hari lainnya.

khasiat daun bambu untuk kesehatan
Tidak hanya batang pohon bambunya saja, masyarakat Indonesia kebanyakan juga memanfaatkan tunas pohon bambu muda (rebung) untuk dikonsumsi dan diolah menjadi masakan yang lezat sebagai salah satu alternatif pengganti lauk.

Terlepas dari semua itu, di saat sebagian besar orang memanfaatkan batang pohon dan rebungnya, kerap kali mengabaikan daunnya. Tidak banyak yang tahu bahwa daun bambu ini memiliki banyak manfaat yang luar biasa, termasuk untuk kesehatan kita.

Di tempat kelahiran admin sendiri misalnya, daun bambu ini seringkali digunakan sebagai bahan untuk mencuci dan membersihkan perabotan rumah tangga, terutama panci, kuali dan semacamnya yang mungkin akan lebih sulit dibersihkan jika menggunakan spons biasa. Terlebih jika memasak dengan tungku dan kayu bakar.

Dewasa ini, penggunaan daun bambu yang dicampur dengan abu gosok untuk mencuci perabotan ini sudah jarang sekali kita temukan, hal ini tak lain karena seiring dengan perkembangan zaman membuat para ibu rumah tangga lebih memilih produk pencuci perabotan yang instant dan spons dibandingkan dengan daun bambu yang dipasangkan dengan sabun colek dan abu gosok.

Kandungan nutrisi dalam daun bambu

Hal yang mungkin tidak diketahui oleh semua orang adalah daun bambu ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang menakjubkan, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain :
  • Polisakarida,
  • Klorofil,
  • Flavonoid,
  • Vitamin,
  • Mikroelemen
  • Potassium
  • Asam amino.
  • dll
1. Detoksifikasi alami

Dalam daun bambu terdapat kandungan zat anti-inflamasi yang bisa digunakan untuk detoksifikasi secara alami. Ketika daun bambu dikonsumsi, maka racun dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat dan saluran sekresi. Selain itu, juga membantu organ hati dalam mengeluarkan racun berbahaya.

Cara membuat : sediakan daun bambu secukupnya, kemudian seduh dengan air panas. Minumlah seduhan teh daun bambu ini secara rutin untuk membantu tubuh dalam proses detoksifikasi alami.

2. Mengatasi darah tinggi

Kandungan potassium dalam daun bambu mampu berperan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Kandungan dalam daun bambu inilah yang nantinya membantu mengatur sistem pembuluh darah ke jantung dan menjaga kesehatan pembuluh darah secara alami.

Cara membuat :ambil beberapa helai daun bambu, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minumlah secara rutin 2x sehari, Insya Alloh manfaatnya akan segera Anda rasakan.

3. Membasmi cacing usus

Siapa yang menyangka jika daun bambu yang berserakan dan tidak banyak orang yang mempedulikannya ternyata sangat efektif untuk membasmi cacing usus.

Cara membuatnyapun sangat sederhana kita hanya perlu menyediakan daun bamu secukupnya, seduh dengan air panas seperti halnya membuat teh. Minumlah 2x sehari, maka usus Anda akan terbebas dari cacing usus penyebab penyakit dan menghambat sistem pencernaan.

4. Obat alami infeksi saluran kemih

Tidak hanya bermanfaat untuk membasmi cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, dan detoksifikasi alami, daun bambu juga mampu mengatasi virus/kuman yang menginfeksi saluran kemih.

Cara membuat: sediakan 20 lembar daun bambu, rebus dengan 3 gelas air, biarkan air mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah ramuan daun bamu tersebut untuk mengobati rasa nyeri akibat infeksi saluran kemih. 

5. Mengatasi nyeri haid

Kebanyakan kaum wanita mengalami nyeri saat haid. Rasa nyeri yang ditimbulkan ini sangatlah tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas. Untuk meringankan rasa sakit yang ditimbulkan saat menstruasi ini, kita bisa menggunakan ramuan herbal penyembuh nyeri haid dari daun bambu.

Cara memebuat : ambil 5 helai daun bambu, rebus dengan 2 gelas air hingga tersissa 1 gelas. Minumlah 2x sehari untuk menghilangkan rasa nyeri saatt haid.

6. Mengobati luka pada kulit

Daun bambu bisa digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka. Hal ini karena dalam daun bambu terdapata Isoorientin yang mampu membantu mempercepat penyembuhan luka di kulit, membersihkan luka yang penuh kuman, bakteri, dadn bahkan belatung.

Cara membuat : sediakan beberapa helai daaun bambu segar kemudian tumbuk hingga halus. Selanjutnya, oleskan atau tempelkan pada bagian kulit yang terluka. Berdasarkan penelittian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan daun bambu ini mampu berperan secara aktif dalam memulihkan kulit yang terluka dalam waktu 29 jam.

7. Mengatasi masalah pencernaan

Gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit bisa diatasi dengan daun bambu. Hal ini tak lain karena dalam daun bambu terdapatt beberapa senyawa  alami yang mampu mengatur sistem pencernaan menjadi lancar dan tetap sehat. Cara membuat ramuan untuk melancarkan pencernaan inipun sangat mudah, cukup seduh daun bambu dengan air panas seperti saat kita membuat teh.
8. Mengobati asam urat

Kadar asam urat berlebih dalam darah akan menimbulkan rasa nyeri di lutut, pergelangan tangan, jari kaki, dan bagian persendian lainnya. Untuk mengatasi asam urat, daun bambu ini menjadi salah satu alternatif pengobatan yang bisa Anda coba.

Cara membuat : siapkan daum bambu muda secukupnya, kemudian bersihkan getah dan bulu-bulu halus pada daun dengan menggosoknya. Setelah itu, rebuslah dengan 3 gelas air dan biarkan mendidih hingga tersisa 2 gelas. Minumlah ramuan ini pada pagi dan sore hari, asam urat Anda sembuh secara alami, Insya Alloh.

Simak juga :
9. Menurunkan kadar gula darah

Daun bambu yang telah diproses menjadi teh dan melewati berbagai macam prosedur pengeringan akan menghasilkan bau yang sangat khas. Campuran teh yang digunakan untuk daun bambu bisa berasal dari bunga melati atau kamboja.

Kandungan serat dalam daun bambu sangat baik untuk menurunkan berat badan dan mampu menimbulkan efek kenyang lebih lama, dan yang luar biasa lagi, kandungan serat dalam daun bambu ini mapu menurunkan kadar gula dalam darah secara efektif.

Simak juga artikel menarik tentang gula darah
10. Menangkal radikal bebas

Daun bambu memiliki senyawa antioksidan yang sangat lengkap. Selain itu, senyawa antioksidan ini juga ditemukan dengan kandungan vitamin dan mineral alami pada daun bambu. Proses pengolahan daun bambu menjadi teh ini ternyata membuat efek senyawa antioksidan menjadi semakin kuat. Proses pembentukan senyawa antioksidan ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker pada tubuh.

11. Melancarkan buang air kecil

Gangguan kandung kemih biasanya akan mengakibatkan timbulnya rasa panas dan nyeri saat buang air kecil. Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab seperti infeksi virus atau kuman dan kurangnya minum air putih. Untuk mengalami masalah in, Anda bisa merebus sekitar 20 lembar daun bambu segar dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, disarankan juga untuk mencampurkan 2 sendok madu murni pada ramuan ini. 

Terima kasih telah menyimak khasiat daun bambu untuk kesehatan. Semoga sajian informasi ini bisa menambah pengetahuan kita akan daun bambu yang kaya manfaat. Semoga bermanfaat..

0 comments "Menakjubkan! Inilah Khasiat Daun Bambu untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment