5 Cara Alami untuk Mengatasi Flu Berat

5 Cara Alami untuk Mengatasi Flu Berat - Flu memang salah satu jenis penyakit yang diderita siapa saja. Meskipun tergolong ke dalam penyakit ringan, namun tak jarang kebanyakan orang mengalami kerepotan dalam mengobatinya.

5 Cara Alami Mengatasi Flu Berat

Agar flu tidak mengganggu aktivitas keseharian Anda, tentunya dibutuhkan langkah penanganan yang tepat dan cepat. Adapun beberapa tips mengatasi flu secara alami adalah sebagai berikut :

1. Perbanyak makan buah dan sayur

cara alami mengobati flu berat makan sayur dan buah

Buah dan sayur yang kita konsumsi sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang sedang turun. Hal ini karena asupan vitamin dan mineral yang ada dalam buah dan sayur sangat diperlukan oleh tubuh demi menjaga daya tahan tubuh atau sistem imunitas tetap stabil.

2. Minum minuman hangat

redakan flu dengan minum air hangat
Flu yang Anda derita mengakibatkan cairan tubuh semakin berkurang, hal ini terjadi karena cairan dalam tubuh keluar melalui keringat, ingus dan ludah. Dan untuk mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh, sebaiknya perbanyak minum air. Dan bagi penderita penyakit flu, disarankan untuk mengkonsumsi air hangat karena air hangat dapat meringankan hidung yang tersumbat. Selain itu, air hangat juga dapat melegakan tenggorokan yang sedang terkena radang.

3. Hirup aroma menthol

hirup aroma menthol

Jika hidung tersumbat akibat flu, hiruplah aroma menthol untuk meringankannya. Anda dapat menggunakan minyak kayu putih untuk mengolesi area hidung sehingga mampu mengatasi hidung yang tersumbat dan mencegah terjadinya iritasi pada sekitar lubang hidung.

4. Istirahat total

istirahat total

Mengistirahatkan tubuh secara total merupakan salah satu cara mengatasi flu yang wajib Anda lakukan. Dengan istirahat, tubuh dapat mengembalikan sistem imunitas atau kekebalan tubuh yang menurun. Upayakan agar tubuh Anda tetap hangat, gunakan selimut dan bila perlu oleskan minyak kayu putih pada tubuh Anda.

5. Terapi uap tradisional

terapi uap tradisional

Mungkin tidak semua orang mengetahui akan manfaat terapi uap tradisional sebagai langkah pengobatan flu yang alami. Terapi uap mampu membuat hidung yang mampet menjadi plong. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan air panas pada wadah kecil yang diberi tambahan rempah seperti jahe, minyak kayu putih, atau kunyit. Hiruplah uap air panas dalam wadah kecil yang sudah dicampur dengan rempah-rermepah tadi, tutup kepala Anda dengan menggunakan handuk agar uap tidak keluar dan hasilnya lebih maksimal.

simak juga :
Agar keluhan penyakit flu yang diderita cepat sembuh, selain melakukan beberapa cara alami mengobati flu seperti yang telah disebutkan di atas, juga konsumsi makanan yang bergizi dan makanlah tepat waktu. Biasanya seseorang yang menderita flu nafsu makannya berkurang dan terasa pahit di mulut, namun demikian Anda harus tetap makan agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi demi menjaga stamina dan mencegah sistem kekebalan tubuh yang menurun.

0 comments "5 Cara Alami untuk Mengatasi Flu Berat", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment