Inilah Makanan yang Membuat Anda Susah Tidur

Makanan yang Membuat Anda Susah Tidur - Setelah melakukan berbagai macam aktivitas seharian penuh, tubuh kita membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan tenaga dan kondisi kebugaran tubuh tetap terjaga. Tidur yang cukup di malam hari adalah cara terbaik untuk merileks-kan tubuh dan selain itu, waktu tidur juga merupakan waktu terbaik untuk perebaikan sel di dalam dan luar tubuh Anda.

Adakalanya ketika Anda sudah merebahkan tubuh karena kelelahan seusai beraktivitas seharian, mata sulit dipejamkan. Gangguan tidur atau yang lebih dikenal dengan istilah insomnia ini bisa terjadi pada siapa saja. Tentunya Anda tidak ingin mengisi waktu istirahat Anda dengan begadang, terlebih lagi keesokan harinya segudang aktivitas telah menanti Anda.

Makanan yang Membuat Susah Tidur

makanan yang membuat susah tidur

Insomnia atau susah tidur bisa diakibatkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah karena makanan serta minuman yang Anda konsumsi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang membuat Anda susah tidur, bahkan hanya untuk sekedar memejamkan mata.

1. Kafein

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kafein membuat orang menjadi susah tidur. Jadi tidak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa minum kopi atau soda sebelum tidur akan membuat kita sulit memejamkan mata. Tidak hanya kopi dan soda saja yang bisa mengakibatkan kita susah tidur, tapi teh juga bisa menyebabkan seseorang susah tidur jika diminum sebelum tidur. Hal ini tak lain karena dalam teh terdapat kandungan kafein juga. Untuk mencegah terjadinya insomnia, disarankan jangan minum kopi, teh dan minuman bersodoa ketika Anda hendak tidur.

2. Makanan dari tomat

Mengkonsumsi tomat ataupun makanan sejenisnya bisa membuat Anda susah tidur. Hal ini karena tomat mengandung banyak asam di dalamnya, dan rasa asam ini yang membuat perut Anda tidak nyaman pada malam hari. Sebaiknya makan tomat tiga jam sebelum tidur.

3. Alkohol

Banyak orang beranggapan dengan mengkonsumsi alkohol dapat membantu seseorang cepat tidur, hal ini jelas keliru. Konsumsi alkohol memang bisa membantu seseorang tidur, tapi kualitas tidurnya sangatlah rendah dan tentunya memberi dampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

4. Makanan fermentasi

 Makanan yang bisa membuat anda susah tidur selanjutnya adalah makanan yang berfermentasi. Makanan seperti ini banyak mengandung zat tyramine. Zat inilah yang bisa merangsang otak dan membuat anda susah tidur. Jika anda ingin tidur lebih cepat, cobalah menghindari makanan yang berfermentasi seperti keju, daging asam dan yang lainnya.

5. Air

Apakah benar air bisa membuat seseorang mengalami susah tidur? Air sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, tetapi mengkonsumsi air sebelum tidur bukanlah pilihan yang tepat apalagi jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Anda akan sering terbangun pada malam hari karena selalu merasa ingin buang air kecil.

6. Makanan berlemak tinggi

Makanan yang tinggi akan kandungan lemaknya dapat menyebabkan pencernaan kita bekerja secara ekstra. Jika Anda memaksakan diri tidur setelah mengkonsumsi makanan berlemak, maka akan terjadi peningkatan reesikoo heartburn, yaitu asam lambung naik kembali ke kerongkongan, dan tentunya Anda akan sulit tertidur. Hindari juga konsumsi daging merah ketika Anda menjelang tidur, karena memang daging merah menyebabkan pencernaan kita harus bekerja secara ekstra.

7. Makanan manis

Jenis makanan manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, sehingga tubuh menjadi lebih berenergi. Beberapa makanan manis yang dapat menyebabkan Anda susah tidur antara lain : cookies, cake cokelat, es krim.

8. Cokelat hitam

Bagi Anda yang sangat menyukai cokelat hitam, hindarilah konsumsi cokelat hitam menjelang waktu tidur Anda. Hal ini karena cokelat hitam mengandung senyawa teobromin, feniletilamin dan juga anadamin yang bisa memacu jantung berdenyut lebih kuat, dan akibatnya seseorang akan mengalami kesulitan untuk tidur.

9. Makanan pedas

Makanan pedas memang memiliki manfaat penyembuhan, tapi dapat membuat perut menjadi panas dan tidak nyaman, hal inilah yang membuat Anda akan terjaga di malam hari.

10. Oat

Dalam oat terdapat senyawa melatonin yang baik untuk tidur, tetapi serat yang tinggi dalam oat memiliki dampak yang berlawanan dan mengakibatkan susah tidur.

0 comments "Inilah Makanan yang Membuat Anda Susah Tidur", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment