Inilah Tanda-tanda Anda Terserang Flu!

Inilah tanda-tanda Anda terserang flu - flu merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tak jarang kitapun mengabaikan penyakit ini tanpa melakukan tindakan pengobatan yang serius. Padahal, meskipun penyakit flu ini dianggap penyakit ringan, namun keberadaannya sangat mengganggu berebagai aktivitas penderitanya.

 tanda-tanda terserang flu

Tahukah Anda bahwa ada beberapa gejala atau tanda-tanda untuk mengetahui apakah Anda terserang penyakit flu atau tidak. Adapun tanda-tanda Anda terserang flu, adalah jika Anda mengalami beberapa gejala berikut ini :

1. Kelelahan mendadak atau berlebihan

Apabila Anda merasa tibat-tiba sangat lelah, patut diwaspadai. Rasa lelah akan lebih terasa saat Anda terserang flu. Jika kelelahan sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, bisa jadi saat itu tubuh sedang mempersiapkan diri untuk memerangi virus flu yang sedang menyerang.

2. Nyeri di sekujur tubuh dan menggigil

Merasa nyeri dan menggigil adalah salah satu tanda dari flu. Ketika badan Anda terasa sakit, bisa jadi Anda salah menduganya, misalnya Anda mengira rasa sakit yang dirasa oleh tubuh tersebut akibat mengangkat beban berat atau aktivitas fisik lainnya. Namun apabila nyeri terasa pada sekujur badan, terutama pada kepala dan kaki, itu bisa jadi merupakan gejala awal penyakit flu. Rasa sakit ini dapat disertai dengan rasa menggigil saat bersamaan atau beberapa jam setelahnya.

3. Batuk

Virus flu dapat mengakibatkan batuk yang disertai dengan sesak dada. Andapun bisa mengalami batuk berdahak, tapi hal ini jarang terjadi pada awal-awal flu. Jika Anda memiliki keluhan penyakit asma atau gangguan pernafasan lainnya, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah terjadinya komplikasi. Selain itu, pastikan untuk menutup mulut ketika batuk agar penyebaran virus bisa dicegah.

Simak :
4. Sakit pada tenggorokan

Batuk yang diakibatkan oleh flu bisa dengan cepat menjalar menjadi sakit tenggorokan. Meskipun demikian, beberapa virus flu dapat menyebabkan sakit tenggorokan tanpa diawali batuk. Pada gejala awal flu, si penderita akan merasa tidak nyaman dan gatal pada tenggorokannya. Selain itu, orang yang terserang flu mungkin akan merasa ada yang janggal dan tidak nyaman saat menelan minuman dan makanan. Rasa sakit pada tenggorokan mungkin akan bertambah buruk seiring bertambah parahnya flu yang diderita. Anda bisa menyiasati rasa sakit pada tenggorokan dengan minum teh, sup, serta air hangat.

5. Demam

Seperti yang telah kita ketahui bahwa demam adalah tanda tubuh sedang berjuang melawan infeksi penyakit. Jika demam yang Anda alami berkaitan dengan flu, suhu tubuh biasanya mencapai 38°C atau lebih. Meskpun demam merupakan gejala umum penyakit flu pada tahap awal, tapi tidak semua penderita flu ini mengalami demam.

6. Masalah pada pencernaan

Selain beberapa gejala flu yang sudah kita sebutkan di atas, ternyata ada jenis virus flu yang bisa menyebabkan diare, muntah-muntah, dan sakit perut. Gejala tersebut umumnya dialami oleh anak-anak atau remaja dibandingkan dengan orang dewasa. Dan yang harus diwaspadai adalah, gejala flu yang menyerang sistem pencernaan ini rentan mengakibatkan dehidrasi pada penderitanya jika cairan yang terbuang akibat diare dan muntah-muntah tidak segera diganti.

0 comments "Inilah Tanda-tanda Anda Terserang Flu!", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment