Faktor Psikologis Penyebab Insomnia

Faktor psikologis penyebab insomnia - Adakalanya seseorang terjaga di malam hari dimana pada waktu tersebut seharus digunakan untuk tidur atau beristirahat. Sangat wajar jika ada kegiatan atau pekerjaan yang harus segeera diselesaikan, baik itu pekerjaan kantor, kuliah atau berbagai pekerjaan lain yang tidak bisa ditunda. Namun apa jadinya jika seseorang tetap terjaga di malam hari dan tidak bisa tidur bahkan untuk sekedar memejamkan mata saja tak bisa, mungkin Anda mengalami insomnia.

Penyebab insomnia
faktor psikologis penyebab insomnia

Gangguan tidur ini terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu psikologis dan non psikologis. Faktor psikologis penyebab insomnia ini sendiri adalah hal-hal yang berkaitan dengan jiwa manusia seperti perasaan, imajinasi dan mental. Di luar faktor psikologis tersebut adalah non psikologis seperti kesehatan, kelelahan dan lain-lain.

Faktor Psikologis Penyebab Insomnia

1. Stress

Stress adalah kelelahan dimana seseorang merasa tertekan dan tegang baik mental maupun fisik. Menurut Rrobbins, S.P ((2001) dalam bukunya Psikologi Organisasi memberikan pengertian tentang stress, yaitu suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan dan untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat penghalang. Stress ini menjadi penyebab umum terjadinya gangguan tidur atau insomnia. Misalnya stress karena terlalu banyak beban hidup yang dihadapi atau karena permasalahan yang lainnya.

2. Depresi

Seseorang yang mengalami depresi, kondisinya lebih parah dibandingkan stress. Menurut Rice (1992) dalam bukunya Stress and Health mendefinisikan depresi sebagai gangguan mood, kondisi emosional yang berkelanjutan yang mewarnai seluruh proses mental. Beberapa contohnya adalah kehilangan harapan, merasa sedih secara terus menerus, cemas dan pikiran kosong. Akibatnya, orang yang depresi akan mengalami kesulitan untuk tidur.

Terima kasih telah menyimak sajian informasi faktor psikologis yang menyebabkan insomnia. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda akan hal-hal apa saja yang menjadi pemicu timbulnya gangguan tidur ini. Salam sehat.

1 comments:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    ReplyDelete