Kunyit Tanaman Herbal Pereda Asam Lambung

Kunyit Tanaman Herbal Pereda Asam Lambung - Solusi penyembuhan penyakit maag dengan menggunakan metode pengobatan yang alami. Ya, kunyit adalah bahan pokok yang terdapat di alam sekitar kita yang mampu memberikan kesembuhan pada penyakit asam lambung (maag) secara efektif.

Sekilas Mengenai Tanaman Kunyit

Kunyit Tanaman Herbal Pereda Asam Lambung
Kunyit ( Curcuma Longa atau C domestica ) adalah salah satu jenis rempah-rempah yang berada dalam lingkup keanekaragaman hayati di tanah air kita ini. Sangat menakjubkan, kunyit banyak sekali manfaatnya. Selain digunakan sebagai bumbu dapur untuk memperlezat cita rasa masakan, ternyata kunyit memiliki khasiat yang luar biasa dalam mengatasi permasalahan pada lambung ( asam lambung atau maag ).

Manfaat Kunyit Untuk Menyembuhkan Asam Lambung

Kunyit Sembuhkan Asam Lambung. Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak 1953. Hasil penelitian menunjukan bahwa kunyit mampu meningkatkan laju penyembuhan 23,3 % pada kelinci dan 24,4 % pada tikus. Penemuan yang luar biasa ini kemudian dikembangakan untuk pengobatan dispepsia, serta merangsang untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Pemberian ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit secara oral pada kelinci secara nyata menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung. 

Bukan hanya itu, bahkan penyembuhannya dilakukan dengan menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung, dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung.

Selain mengkonsumsi kunyit yang telah diproses sebagai ramuan tradisional penyembuh penyakit asam lambung, penderita penyakti asam lambung ini juga sangat dianjurkan untuk makan dalam porsi yang sedikit tetapi sering. Cara mengobati sakit maag juga bisa dengan menggunakan tanaman obat herbal. Beberapa diantaranya adalah dengan mencampur tanaman yang mempunyai sifat demulcent, antasid, dan astringent, akan dapat diperoleh sediaan paling baik untuk pengobatan luka pada usus. Dosisnya masing-masing 165 mg/kg bobot badan untuk jus kunyit dan 10 gram/kg bobot badan untuk bubuk kunyit.

Yang paling menakjubkan adalah ditemukannya kandungan zat aktif di dalam kunyit yang berperan penting dalam penyembuhan penyakit asam lambung, yaitu curcumin. Secara eksperimental curcumin mampu mencegah dan memperbaiki luka pada lambung yang diinduksi oleh phenylbutazone dan aspirin. Curcumin meningkatkan mukus lambung sehingga aktivitas nyeri lambung dapat dijelaskan melalui stimulasi produksi mukus. Percobaan klinis efek kunyit pada penderita dilakukan terhadap 10 pasien.

Obat diberikan secara oral dengan dosis dua kapsul 250 mg selama empat kali sehari, setengah sampai satu jam sebelum makan dan sebelum tidur. Pemeriksaan endoskopik dijalankan periodik sebelum pengobatan dan 4, 8, 12 minggu setelah pengobatan. Maag sepenuhnya terobati pada lima pasien dalam waktu empat minggu atau tujuh pasien dalam empat sampai 12 minggu.

Cara Membuat Ramuan Penyembuh Asam Lambung dari Kunyit

Lalu, bagaimana cara untuk membuat ramuan herbal asam lambung dari kunyit, berikut ini akan kami sajikan cara mudah membuat resep dari tanaman herbal penyembuh asam lambung, kunyit.

Resep 1 :
  • Siapkan 2-3 ruas kunyit
  • Cucilah ruas-ruas kunyit tersebut hingga bersih
  • Kupa kulit bagian luarnya
  • Parut kunyit tersebut kemudian peras dan ambil airnya untuk diminum
  • Lakukanlah secara rutin, 2x sehari.

Resep ke-2 :
  • Siapkan 5 ruas kunyit
  • Cuci hingga bersih
  • Potong-potong ruas kunyit tersebut hingga menjadi beberapa bgaian kecil
  • Rebus irisan kunyit bersama kayu manis dalam air mendidih
  • Minumlah air rebusan kunyit + kayu manis tersebut ketika penyakit maag mulai menyerang

Resep ke-3
  • Siapkan beberapa ruas kunyit
  • Kupas kuliit bagian luar dan cuci hingga bersih
  • Parutlah kunyit tersebut dan rebus hingga mendidih
  • Saring air rebusan dan campurkan dengan kuning telur mentah dan gula.
Simak informasi menarik lainnya mengenai ramuan alami penyembuh penyakit asam lambung, anda bisa menyimak lebih lanjut di => Obat Tradisional penyakit Asam Lambung.

Itulah beberapa cara membuat ramuan herbal untuk sembuhkan asam lambung dengan menggunakan tanaman herbal kunyit. Lakukan pengobatan sedini mungkin, dan manfaatkanlah kekayaan alam yang tedapat di sekitar kita. Selain ampuh, Kunyit Tanaman Herbal Pereda Asam Lambung juga sangat mudah untuk didapatkan. Sayangilah lambung anda, semoga bermanfaat..

14comments:

  1. tumbuhan kunyit memang sangat manjur terbukti saya mengkomsumsi itu lambung saya sembuh totak tanpa nyeri...........trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah..selamat atas kesembuhannya ya mas.. :)

      Delete
  2. wah, kontennya bagus,,, kunjungi juga ya cara mengobati penyakit dengan buah dan ramuan darkunikunfayakun.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya ya mas @Darkuni, Inysa Alloh nanti saya mampir di Blognya Mas..:)

      Delete
  3. makasih ya mbak saya kebebetulan gangguan lambung dari cara diatas yang mana paling cocok buat saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resep 1 menurut saya lebih sederhana dan kita bisa membuatnya dengan mudah. Lakukan pengobatan dan dibarengi dengan pola makan yang sehat, Insya Alloh proses penyembuhan akan berlangsung lebih cepat. Selamat mencoba..

      Delete
  4. Berita yang telah diberikan bagus dan bermanfaat. Ditunggu informasi selanjutnya !

    ReplyDelete
  5. Dulu hanya mengandalkan obat dokter namun setelah konsumsi kunyit secara rutin alhamdulillah membaik... hanya terkadang masih terasa saat panik asam lambung naik, takaran Kayu manis berapa ya untuk di rebus bersama kunyit nya?

    ReplyDelete
  6. Dulu hanya mengandalkan obat dokter namun setelah konsumsi kunyit secara rutin alhamdulillah membaik... hanya terkadang masih terasa saat panik asam lambung naik, takaran Kayu manis berapa ya untuk di rebus bersama kunyit nya?

    ReplyDelete
  7. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    ReplyDelete
  8. informasi yang sangat bermanfaat gan.. semoga sehat dan sukses selalu..
    oh ya, sekedar info dan sharing aja gan.. kemarin saya lihat ada penjual herbal yg penjualannya laris manis dan meningkat hingga 200 kali lipat menggunakan alat canggih Quantum..
    klo agan mau tau informasinya, ini ada linknya.. tinggal klik http://goo.gl/in2Ubz
    selengkapnya di www.7lebah.com

    ReplyDelete