Tanaman Herbal Untuk Penyakit Amandel

Tanaman Herbal Untuk Penyakit Amandel - Cara menyembuhkan penyakit amandel dengan cepat tanpa harus melakukan tindakan operasi. Apakah anda sedang mencari Obat Tradisional Penyakit Amandel dari tanaman herbal yang dapat memberikan kesembuhan secara tuntas tanpe menimbulkan efek samping atau efek ketergantungan obat. Berikut sajian lengkap informasinya.


Tanaman Herbal Untuk Penyakit Amandel

Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa penyakit amandel dapat diatasi dan disembuhkan dengan menggunakan ramuan tradisional dari tanaman herbal yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa tanaman herbal tersebut saya yakin bukan hal yang asing bagi anda, karena memang sebagian besar masyarakat kita di indonesia ini memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari, baik sebagai rempah-rempah ataupun untuk dijadikan bahan dasar ramuan tradisional.

Adapun beberapa tanaman herbal yang dapat kita gunakan sebagai obat alami penyembuh penyakit amandel adalah sebagai berikut:

a. Rimpang temulawak

Rimpang Temulawak
Khasiat Rimpang temulawak ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, sebagian besar masyarakat indonesia telah mengetahui dan telah memanfaatkan khasiat temulawak untuk berbagai macam pengobatan penyakit, diantaranya : penyakit limpa, penyakit ginjal, penyakit pinggang, penyakit asma, penyakit kepala, masuk angin, penyakit maag, penyakit perut, memperbanyak produksi ASI, menambah nafsu makan, mengatasi sembelit, sakit cangkrang, penyakit cacar air, sariawan, jerawat. Manfaat lain dari rimpang temulawak ini adalah anti kolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.

b. Daun pegagan

Daun Pegagan
Daun pegagan memiliki rasa duan yang manis,  sehingga tidak sedikit masyarakat kita yang memanfaatkannya sebagai lalapan dalam menu makanan sehari-hari. Selain itu, daun pegagan juga bersifat menyejukan sehingga memiliki fungsi sebagai tanaman herbal yang dapat membersihkan darah dari kotoran dan berbagai serangan bakteri, melancarkan sirkulasi darah, meluruhkan kencing (diuretik), menurunkan panas (antipretika), menghentikan perdarahan (haemistatika), meningkatn kemampuan syaraf pada otak motorik anak, sebagai antibakteri, tonik, antispasma, anti inflamasi, hipotensif, insektisida, anti alergi, dan sebagai stimulan tubuh yang sekaligus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh.

Yang paling menakjubkan dari tanaman herbal pegagan ini adalah, terdapatnya kandungan penting yang sangat berperan dalam penyembuhan penyaki amandel. Senyawa alamiah tersebut bernama saponin yang berfungsi sebagai penghambat dari pembentukan jaringan darah akibat bekas luka yang berlebihan atau keloid. Khasiat lainnya dari daun pegagan ini adalah dapat meningkatkan daya ingat atau memperbaiki konsentrasi, dan sebagai peningkat stamina tubuh, menurunkan stress berat dan depresi. 

Tak hanya itu menurut penelitian pada sebuah Rumah Sakit Umum dr. Soetomo, Surabaya, daun pegagan dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi (penyakit hipertensi) pasien dalam kendali yang baik sehingga daun pegagan sangat aman untuk dikonsumsi oleh semua umur, baik itu dewasa, anak-anak, bahkan untuk anak usia balita hingga lanjut usia.

c. Daun pecut kuda

Daun Pecut Kuda
Mungkin tidak banyak dari masyarakat kita yang mengetahui manfaat yang terdapat dalam daun pecut kuda ini. Ternyata, tanaman herbal yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa dalam penyembuhan berbagai penyakit terutama penyakit radang amandel. Secara umum fungsi dan khasiat dari daun pecut kuda selain dapat digunakan sebagai obat untuk amandel juga memiliki manfaat lainnya untuk pengobatan, seperti :
  • Infeksi dan batu saluran kencing,
  • Radang tenggorokan atau yang biasa disebut dengan istlah penyakit faringitis
  • Batuk
  • Rematik, dan
  • Haid tidak teratur.
Bunga dan tangkainya digunakan untuk pengobatan :
  • Radang hati atau liver (hepatitis A).
Akar digunakan untuk pengobatan :
  • Keputihan (leukore).
Selain menggunakan ke-tiga tanaman herbal tersebut, ternyata masih banyak tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menyembuhkan penyakit amandel secara tradisional. Diantaranya adalah :

1. Ramuan dari tanaman Sambiloto

Bahan:
  • Sambiloto segar 30 gram
  • Daun cocor bebek segar 10 lembar
Cara membuatnya: Cuci bersih bahan dan rebus dengan air 600cc hingga mendidih dan sisa setengahnya. Saring dan gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan 2 kali sehari.

2. Jeruk Nipis

Bahan:
  • Jeruk Nipis 1 buah
  • Rimpang kunyit 1 ibu jari
  • Madu
Cara membuatnya: Peras jeruk nipis dan parut rimpang kunyitnya dan peras. Campurkan keduanya dan tambahkan 2 sendok madu dan air setengah gelas. Aduk dan saring. Minum 2 kali sehari.

3. Daun Sambung Nyawa

Bahan:
  • Daun sambung nyawa 7 lembar
Cara membuatnya: Cuci bersih bahan dan rebus dengan air 400cc hingga mendidih dan sisa 200cc. Minum airnya selagi hangat 2 kali sehari.

4. Mengkudu

Bahan:
  • Mengkudu 2/3 buah
  • Madu
Cara membuatnya: Cuci bersih Mengkudu, kemudian di jus dan tambahkan madu secukupnya. Lakukan 2 kali sehari, dan minum secara rutin. Dengan konsumsi rutin, Insya Allah penyakit amandel akan bisa teratasi.

Resep  I

Bahan :

Jeruk purut (Citrus hystrix D.C) 1 Buah, Madu murni 2 Sendok makan
Cara membuat :
Peras jeruk purut untuk diambil airnya dan campurkan dengan madu murni lalu aduk sampai rata. Minum sehari 2 kali 2 sendok makan.

Resep  II

Bahan :

Adas (Foeniculum vulgare L.) 5 gr, Daun benalu 5 gr
Cara membuat :
Adas dan daun benalu dijadikan satu dan di tumbuk sampai halus. Beri sedikit air lalu saring. Minum air perasan sekaligus. Lakukan secara rutin selama 10 hari sampai amandel kempis.

Resep III

Bahan :

Jeruk nipis (citrus aurantifolia) 3 buah, Kapur sirih secukupnya
Cara membuat
Pertama-tama, Jeruk nipis diperas dan diambil airnya kemudian ditambahkan sedikit kapur sirih, aduk sampai rata. Minum menjelang tidur malam selama 3 hari berturut-turut.

Itulah beberapa jenis tanaman herbal untuk penyakit amandel. Bila anda memiliki keluhan penyakit amandel, segera atasi dan lakukan pengobatan, agar penyakit amandel yang anda keluhkan bisa teratasi. Manfaatkan tanaman herbal di sekitar kita untuk menyembuhkan penyakit amandel anda, sembuh tanpa efek samping dan dapat diperoleh dengan mudah.

1 komentar:

  1. Informasinya bagus sob buat nambah pengetahuan. terimakasih banyak sob udah berbagi

    BalasHapus