Waspadai Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

Waspadai Infeksi Saluran Kemih pada Wanita, topik ini kita angkat karena memang berdasarkan fakta dan kasus yang terjadi adalah penyait infeksi saluran kemih lebih rentan menyerang kaum wanita. Mengapa demikian? Hal ini karena wanita memiliki saluran kemih yang lebih pendek dibandingkan dengan kaum pria, sehingga kuman, bakteri, dan virus dengan mudahnya menginfeksi dan berkemabng biak dengan cepat.

Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Waspadai Infeksi Saluran Kemih pada Wanita
Infeksi adalah kuman atau bakteri yang masuk dan menyerang tubuh kita. Infeksi saluran kemih berarti adanya kuman yang menyerang dan menginfeksi di bagian saluran kandung kemih kita. Menurut ilmu kedokteran, saluran kemih itu meliputi ginjal, saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih (ureter), kandung kemih, dan saluran kencing (uretra). Infeksi ini terjadi ketika bakteri, virus atau jamur masuk ke dalam saluran kemih dalam jumlah yang cukup banyak dan tidak dilawan oleh sistem immunitas tubuh. Penyakit infeksi saluran kemih antara lain disebabkan oleh bakteri E. coli.

Cara Bakteri Menginfeksi Saluran Kemih Wanita

Pertanyaannya, bagimana bakteri E. coli dapat menginfeksi dengan mudah saluran kemih kaum wanita. Berikut ini adalah beberapa keadaan yang mengakibatkan terjadinya infeksi saluran infeksi kemih pada wanita yang harus diwaspadai.
  1. Muara saluran kencing wanita berada di depan vagina. Lokasi ini berdekatan juga dengan dubur.  Nah faktor posisi ini juga menjadi salah satu pencetusnya. Akibatnya bakteri E. coli dari dubur dengan gampang bermigrasi alias jalan-jalan ke saluran kencing atau urethra. Hal ini bisa terjadi bila kaum perempuan kurang memperhatikan kebersihan daerah alat kelamin.
     
  2. Pada wanita mempunyai saluran kencing yang pendek. Saluran ini di sebut urethra. Panjangnya kurang lebih 2 sentimeter - 2,5 sentimeter depan vagina. Beda dengan laki-laki mereka memiliki urethra yang lebih panjang dan laki-laki beruntung memiliki prostat yang bertugas melawan kuman.
     
  3. Posisi berjongkok  yang menjadi kebiasaan kaum perempuan saat buang air seni di lantai kamar mandi / kloset wc yang tidak bersih bisa mengakibatkan percikan balik ke daerah alat kelamin  saat kita cebok. Padahal di lantai kamar mandi atau wc umum banyak kuman - kuman. Jadi hati-hati kalau terpaksa buang air seni di tempat umum.

Gejala Infeksi Saluran Kemih
  • Terasa seperti terbakar, Rasa sakit yang timbul biasanya terasa ketika buang air kecil, dengan gejala yang seperti ini sebagian besar wanita menghindari aktivitas buang air kecil yang akhirnya berujung pada infeksi saluran kemih.
  • Sakit Punggung bagian bawah, inflamasi pada bagian kandung kemih yang disebabkan oleh bakteri bisa menyebar ke abdomen, jadi jika seseorang yang memiliki keluhan penyakit infeksi saluran kemih mengalami sakit pada punggung bagian bawah, maka penyakit infeksi saluran kemih ini sudah mencapai ginjal.
  • Kelelahan, Lalah, letih, lesu tanpa sebab juga termasuk ke dalam gejala dari penyakit infeksi saluran kemih, dan terkadang disertai dengan nyeri otot dan gemetaran.
  • Warna urine pekat, Warna urine yang sehat memiliki warna yang pucat, dan jika warna urine yang dikeluarkan berbeda  seperti kuning gelap atau cokelat atau aromanya benar-benar busuk, bisa jadi anda terkena penyakit infeksi saluran kemih. Dan jika urine yang dikeluarkan disertai dengan darah, kemungkinan ada pendarahan di dalam kandung kemih.
  • Sering buang air kecil, penyakit infeksi saluran kemih juga mengakibatkan penderitanya sering buang air kecil, meskipun air kencing yang dikeluarkan tidaklah banyak atau bahkan tidak ada sama sekali.
  • Demam menggigil, demam adalah respon alami dari sistem imun untuk mencegah infeksi yang menyerang tubuh, jadi ketika tubuh terkena penyakit infeksi saluran kemih, wanita terkadang juga menderita demam yang disertai dengan kondisi menggigil dan keringat dingin.
Pencegahan Penyakit Infeksi Saluran Kemih
  • Biasakan agar selalu membersihkan alat kelamin setiap kali setelah buang air kecil dnegan benar dan menggunakan air yang bersih dan kemudian keringkan.
  • Cara membersihkan alat kalamin setelah membuang air yang benar adalah dari arah depan terlebih dahulu kemudian bersihkan ke bagian belakang area yang mendekati dubur ke belakang
  • Hindari larutan antiseptik secara rutin untuk mencuci vagina karena bisa merusak PH vagina yang akhirnya kuman baik yang bertugas melawan infeksi pada saluran kemih dan vagina bisa mati.
  • Jagalah kebersihan pakaian dalam, minimal setiap kali mandi atau bila berasa lembab. Gunakanlah celana dalam dari bahan yang nyaman dan tidak menimbulkan alergi kulit dan berbahan katun.
  • Jika sedang haid, usahakan agar mengganti pembalut serajin mungkin, karena darah yang tertampund di dalam pembalut yang terlalu laam menjadi tempat berkembang biak kuman.
  • Melakukan hubungan seks suami istri yang sehat, tidak berganti-ganti pasangan atau melakukan praktek seks bebas.
  • Tidak menahan buang air kecil
  • Perbanyaklah minum air putih
Selain melakaukan pencegahan, akan lebih baik lagi bagi kita jika disertai dengan melakukan penyembuhan penyakit infeksi saluran kemih dengan menggunakan ramuan herbal yang telah teruji keampuhannya mampu memberikan kesembuhan tanpa menimbulkan efek samping. Anda bisa menyimak lebih lanjut cara alami mengobati infeksi saluran kemih di => Obat Tradisional Penyakit Infeksi Saluran Kemih.
Demikianlah sajian informasi bahaya penyakit infeksi saluran kemih. Penyakit Infeksi saluran kemih ini sangat rawan menyerang kaum wanita, dengan demikian diharapkan timbul kesadaran untuk meningkatkan kewaspadaan kita terhadap penyakit infeksi saluran kemih ini. Menjaga kebersihan dan menjalani poal hidup yang sehat adalah kuncinya. Terima kasih telah menyimak Waspadai Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita.

2comments:

  1. Penyakit kemih ini sering terjadi pada wanita,kenapa ya?

    ReplyDelete

  2. terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya. semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya. salam sukses selalu. amin

    http://taswanitaetnikhandmade.spohost.com/

    ReplyDelete