Pentingnya Menjaga Kebersihan Telinga

Pentingnya Menjaga Kebersihan Telinga
Pentingnya Menjaga Kebersihan Telinga - Cara Menjaga Kesehatan Telinga, berikut ini adalah sajian lengkap mengenai tips menjaga kebersihan telinga. Dewasa ini, mungkin ada saja yang mengabaikan kebersihan telinga, apakah anda termasuk ke dalam orang-orang tersebut? Betapa bahayanya jika kita membiarkan telinga dalam keadaan kotor, sehingga penyakit akan sangat mudah menghinggapinya. Mulai sekarang, jauhi kebiasaan seperti itu dan jagalah kebersihan telinga anda saat ini juga.

Tips Menjaga Kebersihan Telinga
  1. Kurang intensitas penggunaan earphone: Secara tidak lagsung dan tanpa kita sadari, seringnya mendengarkan musik dengan menggunakan earphone terlebih dengan volume yang terlalu keras, bisa mengakibatkan gangguan pada organ pendengaran kita, yaitu telinga. Paparan kebisingan di atas 100 dB selama lebih dari 1 jam setiap hari dalam waktu lima tahun dapat menyebabkan seseorang untuk menderita kehilangan pendengaran secara permanen.
  2. Hindari suasana yang terlalu bising, Suasana yang terlalu bising seperti jalan raya, studio musik atau mendatangi konser juga akan memperparah kondisi kesehatan organ kesehatan.
  3. Gunakanlah alat pengaman seperti helm dengan standar keamanan dan perlindungan yang baik  saat berkendara. Langkah seperti ini juga bisa kita lakukan ketika kita berasa di suatu tempat yang bising karena suara mesin seperti di pabrik.
  4. Menggunakan alat-alat pembersih telinga yang aman, seperti cotton bud. Membersihkan telinga dengan bantuan cotton bud adalah cara membersihkan kotoran telinga yang paling aman, jangan sekali-kali menggunakan bahan-bahan yang runcing  atau bahan berbahaya lainnya. Meskipun cotton bud sangat aman, akan tetapi kita harus tetap berhati-hati dalam menggunakannya. Bersihkan hanya bagian rongga luarnya saja, dikhawatirkan jika kita membersihkan telinga hingga ke dalam lubang telinga, cotton bud justru akan mendorong serumen(kotoran telinga) ke rongga telinga yang lebih dalam. Dan jika kotoran telinga tersebut terakumulasi di daerah gendang telinga, serumen tersebut akan mengakibatkan tinnitus atau radang pada gendang telinga.
  5. Gunakanlah handuk lembut yang direndam dengan menggunakan air hangat untuk membersihkan bagian luar dari lubang telinga secara perlahan.
  6. Lakukan pemeriksaan kesehatan telinga secara rutin ke Dokter THT, minimal setahun sekali.

Menjaga kebersihan telinga adalah sangat penting dan merupakan faktor utama bagi kita untuk mencegah berbagai serangan penyakit gangguan telinga yang berbahaya dan berakibat fatal pada sistem pendengaran. Simak juga artikel menarik kami lainnya yang membahas pengobatan penyakit gangguan telinga secara alami, silakan simak lebih lanjut di => Obat Tradisional Penyakit Telinga Bernanah.

Itulah beberapa fakta betapa pentingnya menjaga kebersihan telinga. Jagalah selalu kebersihan, dimulai dari diri sendiri, ada pepatah yang mengatakan " Bersih itu Pangkal Sehat", hal itu memang benar adanya. Dengan menjaga kebersihan telinga, anda akan terbebas dari berbagai gangguan telinga, baik itu curek, telinga bernanah, dll. Terima kasih telah menyimak sajian informasi yang kami berikan. Semoga bermanfaat..

1 comments:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu sekali artikelnya...

    ReplyDelete