Makanan Sehat untuk Atasi Sembelit

Makanan Sehat untuk Atasi Sembelit - Ada berbagai macam metode penyembuhan yang digunakan untuk mengatasi penyakit sembelit atau penyakit konstipasi, baik itu secara medis ataupun secara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami dapat kita gunakan sebagai obat tradisional penyakit sembelit.

Makanan Sehat untuk Atasi Sembelit

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk mengobati penyakit sembelit, bahan-bahannya dapat dengan mudah kita peroleh, karena merupakan bahan alami yang selama ini sering kita temukan di dapur raumah atau di lingkungan sekitar kita.
Makanan Sehat untuk Atasi Sembelit

1. Pepaya

Buah pepaya matang sangat kaya akan kandungan vitamin C dna memiliki serat yang tinggi, dan hal ini tentunya sangat baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki keluhan penyakit sembelit atau konstipasi.

2. Stroberi

Buah yang memiliki warna merah dan berasal dari Negara bercuaca dingin inti tidak hanya memiliki tampilan yang sangat cantik dan enak untuk dikonsumsi, tetapi ia juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah sistem pencernaan atau pengerasan feses yang terjadi pada penderita penyaki sembelit. Disamping bertindak sebagai astringen untuk meredakan demam dan juga membesihkan gigi, buah stroberi ini juga kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit.

3. Cincau

Tahukah Anda, bahwa Cincau memiliki kandungan serat yang tinggi? Ya, Cincau adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan serta tinggi dan rendah kalori, yang dipercaya mampu meredakan panas dalam tubuh, demam, perut kembung, sembelit dan diare. Selain itu, cincau juga mampu membersihkann organ pencernaan dari zat karsinogen (salah satu zat pemicu timbulnya kanker).

4. Mentimun

Timun kaya akan kanungan mineral. Ia juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin C. Bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit sembelit atau konstipasi, siasati keluhan yang diderita dengan menggunakan mentimun, Anda hanya perlu memakan mentimun setiap hari, Insya Alloh masalah sembelit akan segera teratasi.

5. Kucai

Daun kucai memiliki kandungan vitamin C dan B, karotin, serta komponen belerang yang berfunsi sebagai natiseptik untuk membunuh bakteri dalam usus dan menjadi perangsang dalam proses kontraksi dan ekspansi usus selain melancarkan darah sekaligus mencegah terjadinya pembekuan darah. Kucai juga dapat mengatasi penyakit-penyakit, seperti kram saat menstruasi, keputihan, darah tinggi, dan terutama penyakit sembelit.

6. Pisang

Siapa yang tidak tahu salah satu buah populer ini? Ya, pisang memiliki banyak khaisat untuk kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi pisang setiap hari dapat membantu mengatasi masalah sembelit. Seiring kemajuan zaman, buah pisang tidak hanya dikonsumsi begitu saja, tatapi digunakan sebagai bahan dasar atau sebagai campuran beraneka ragam jenis kuliner yang sangat menggugah rasa.

7. Temulawak

Cara mengatasi penyakit sembelit dengan menggunakan temulawak (Curcuma Xanthorriza) adalah sebagai berikut :
  • Ambil bagian batang dan rimpang (ubi) muda temulawak
  • Bersihkan dan rebus hingga mendidih
  • Setelah mendidih, saring dan tuangkan ke dalam gelas
  • Dingin sebentar, dan minum rebusan temulawak untuk mengobati keluhan penyakit sembelit Anda sebanyak 2-3 x sehari. Bisa juga diminum sebagai langakah pencegahan penyakit sembelit, serta dapat mengatasi masalah tinja berdarah.
8. Lobak Merah

Wortel atau nama ilmiahnya Daucus carota L dapat membantu mengobati penyakit sembelit, mengobati sakit ketika buang air kecil, meningkatkan aliran saat menstruasi dan menjaga kulit agar tetap sehat. Cara terbaik menikmati manfaat wortel adalah dengan memakannya secara mentah.

Simak Juga :
Itulah beberapa jenis makanan sehat untuk atasi penyakit sembelit. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi penyembuhkan penyakit sembelit (kontipasi) yang sedang Anda keluhkan. Terima kasih telah menyimak sajian informasi  cara sehat atasi penyaki sembelit, selamat mencoba..

0 comments "Makanan Sehat untuk Atasi Sembelit", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment