Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan

Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan - Apel merupakan salah satu buah yang  identik dengan warna kulit buah yang merah. Hampir semua kalangan masyarakat sudah tidak merasa asing lagi dengan bentuk, warna kulit dan rasa buah apel itu sendiri.
Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan

Buah apel memiliki berbagai jenis kandungan nutrisi dan vitamin yang berperan penting bagi kesehatan tubuh kita. Berdasarkan fakta ilmiah yang didapat melalui penelitian para ilmuwan, berbagai buah-buahan memang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi, vitamin serta serat yang diperlukan oleh tubuh, tidak terkecuali buah apel ini. Buah apel ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, hal ini karena terdapat berbagai kandungan nutrisi penting dalam buah apel itu sendiri. Adapun khasiat buah apel untuk kesehatan adalah sebagai berikut :
  • Menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan apel memiliki kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada kulit buahnya. Untuk itulah, cuci terlebih dahulu apel dengan air mengalir sebelum dimakan dengan kulitnya.
  • Mencegah diabetes. Kandungan serat larut dalam buah apel ini mampu mengangkal datangnya penyakit diabetes. Mengkonsumsi buah apel rutin setiap hari dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus mencegah terjadinya peningkatkan kadar gula dalam darah. Dapatkan manfaat buah apel sebagai obat tradisional penyakit diabetes mellitus yang alami dan efektif mampu menurunkan kadar gula darah Anda tanpa efek samping.
  • Menjaga berat badan. Bila Anda ingin memiliki berat badan yang ideal, apel bisa dijadikan salah satu alternatif menjaga berat badan Anda yang cukup efektif. Memiliki berat badan yang berlebihan (obesitas) dapat memicu terjadinya penyakit seperti jantung, stroke, diabetes, serta penyakit tekanan darah tinggi yang tentunya akan berdampak buruk terhadap kesehatan Anda.
  • Meningkatkan sistem imun tubuh. Apel memiliki kandungan antioksidan yang bernama Quercetin. Zat antioksidan ini berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda agar irdak mudah sakit saat kondisi cuaca yang tidak bersahabat.
  • Mencegah diare dan sembelit. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah apel mampu membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga gangguan pencernaan seperti diare dan sembelitpun dapat dicegah dengan konsumsi buah apel. (Baca : Ramuan Herbal untuk Penyakit Diare).
  • Anti kanker. Mungkin tidak semua orang mengetahui bahwa ternyata buah apel adalah antikanker yang alami. Hal ini karena buah apel memiliki kandungan flavonoid yang terbukti ampuh menangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu menyerang tubuh.
  • Membantu penglihatan lebih jernih. Rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari bisa mencegah berbagai gangguan kesehatan pada organ mata, salah satunya adalah katarak.
  • Memperpanjang usia. Berdasarkan penelitian oleh American Chemical Society tahun 2011, mengungkapkan bahwa apel memiliki khasiat untuk memperpanjang usia hingga 10% pada binatang. Penelitian juga menunjukkan bahwa zat dalam apel bisa meningkatkan motorik binatang. Meski penelitian ini dilakukan pada binatang, namun peneliti juga menjelaskan bahwa hal tersebut juga berlaku pada manusia.
  • Meningkatkan kemampuan mengingat. Berdasarkan penelitian dari University of Massachusetts Lowell, mengkonsumsi buah apel dapat meningkatkan produksi senyawa kimia yang menjadi penghubung antara sel otak yang bernama acetylcholine, yang merupakan hormon yang memiliki banyak fungsi termasuk membantu otak membentuk struktur baru yang pada gilirannya akan membantu otak lebih mudah mengingar. Selain itu, zat ini juga dapat mencegah penurunan kemampuan mental pada orang yang sudaj lanjut usia.
  • Mencegah serangan jantung dan stroke. Serangan jantung, stroke dan penyakit yang menyerang arteri berkaitan dengan kolesterol jahat (LDL). Apel membantu mencegah semua penyakit tersebut, karena kemampuannya yang menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 23%.
Demikianlah informasi khasiat buah apel untuk kesehatan yang kami sajikan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda akan manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh kita, dan tentunya bisa meningkatkan kesadaran akan pentingnya mencukupi konsumsi buah-buahan dalam keseharian kita, terutama buah apel. Semoga bermanfaat..

0 comments "Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment