Sejuta Khasiat Buah Duku untuk Kesehatan

Sejuta Khasiat Buah Duku untuk Kesehatan - Buah Duku dikenal sebagai jenis buah-buahan dari anggota suku Maliaceae. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara sebelah barat memiliki kemiripan dengan buah langsat, kokosan, pisitan, celoring, dan lainnya dengan beragam variasi.

Buah Duku ini  tidak hanya memiliki rasa manis dan lezat ketika dikonsumsi, tetapi juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena buah duku ini sendiri memiliki banyak kandungan nutrisi dan zat gizi yang berperan penting dalam tubuh dan membantu mempertahankan kesehatan secara alami.

Sejuta Khasiat Buah Duku untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Duku

Diperkirakan setiap 100 gram buah duku mengandung kalori 7 kkal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. Sementara untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku ternyata setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

Buah duku juga mengandung Vitamin C dan E, dan memiliki sumber yang baik dari sifat antioksidan. Berkat adanya kandungan lanzones pada duku, sehingga dapat mencegah diare hanya dengan memakan buahnya saja.

Khasiat Buah Duku untuk Kesehatan

1. Antioksidan

Sebagaimana kita ketahui bahwa vitamin C berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan adalah nutrisi yang memiliki fungsi untuk menghalangi beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dihasilkan tubuh ketika melakukan proses merubah makanan menjadi energi. Antioksidan juga mengurangi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh zat beracun atau toksin serta polusi.

2. Menjaga kesehatan gusi

Kandungan vitamin C dalam buah duku juga berperan aktif dalam menjaga kesehatan gusi (Baca : Obat Tradisional Pencegah Gusi Bengkak). Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan gusi dengan mudah dan alami, mengkonsumsi buah duku adalah salah satu alternatif yang paling tepat.

3. Mencegah penuaan dini

Vitamin C berperan sebagai antioksidan. Bahkan dalam jumlah yang kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, racun (toksin) ataupun polusi. Dan telah menjadi rahasia umum bahwa radikal bebas inilah yang menjadi faktor penyebab terjadinya proses penuaan dini. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah duku, maka radikal bebas dapat diatasi secara tuntas dan tentunya penuaan dinipun dapat dicegah.

4. Mempercepat pemulihan

Masih tentang kandungan vitamin C dalam buah duku. tidak hanya efektif untuk melawan radikal bebas, racun atau toksin, serta mencegah penuaan dini, vitamin C ini juga membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu para atlet atau olahragawan dalam proses pemulihan tubuhnya setelah melakukan latihan yang berat.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Karena duku mengandung dietary fiber atau serat yang tinggi, hal ini tentunya bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori sendiri, mineral dan zat besi buah duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

6. Menurunkan berat badan

Telah sejak lama vitamin C terbukti menjadi faktor penting terjadinya biosintesis molekul kecil seperti protein yang disebut carnitine. Carnitine berperan mengarahkan molekul lemak ke sel-sel jaringan di mana pembakaran lemak terjadi. Kurangnya molekul lemak selama proses metabolisme dapat menyebabkan penurunan energi dan kelelahan. Oleh karena itu, jika kadar carnitine dalam tubuh menurun maka akan terjadi penimbunan lemak. (Baca : Obat Tradisional untuk Melangsingkan Tubuh).

7. Menguatkan gigi

Dengan adanya kandungan fosfor dalam buah duku, mampu membantu meningkatkan kekuatan gigi. Dengan mengkonsumsi buah duku secara rutin, Inysa Alloh manfaatnya terhadap kesehatan gigi akan Anda rasakan sendiri.

8. Menstabilkan kadar kolesterol

Adanya kandungan vitamin C, mampu membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya penyakit batu empedu.

9. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin E dalam buah duku bermanfaat bagi kesehatan kulit, yaitu mampu meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Itulah beberapa khaisat buah duku untuk kesehatan. Dengan mengetahui manfaat luar biasa buah duku bagi kesehatan tubuh ini, tidak ada alasan bagi Anda untuk menyepelekan buah yang memiliki rasa manis ini. Terima kasih telah menyimak Sejuta Khasiat Buah Duku untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

0 comments "Sejuta Khasiat Buah Duku untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment