Khasiat Jeruk Limau untuk Kesehatan

Khasiat Jeruk Limau untuk Kesehatan - Jeruk Limau memiliki nama latin Citrus amblycarpa, yaitu jeruk sambal yang merupakan anggota marga citrus atau marga jeruk dengan kulit tipis, licin berwarna hijau tua dengan diameter sekitar 2,5 cm atau lebih kecil dari jeruk nipis. Daging jerk limau diselimuti membran tipis berupa segmen, dan satu buah jerk limau memiliki 10-12 segmen. Buahnya memiliki aroma yang segar, rasanya asam dan biasanya digunakan untuk mempertajam aroma aneka makanan atau minuman.

Jeruk limau berasal dari Asia, terutama India, Birma, dan Malaysia. Jeruk limau ini ditemukan sekitar abad 2-3, dan kemudian dipopulerkan di Eropa. Jerk limau jenis Kely dibawa oleh bangasa Amerika dan dikembangka di Mexico dan beberapa daerah Amerika Serikat.

Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

1. Menghilangkan Jerawat

Cara pemakaian jeruk limau untuk mengatasi jerawat pada wajah sangatlah mudah, cukup dengan mencampurkan 2 sendok air jeruk limau dan madu dengan perbandingan 1:1, kemudian aduk campuran tersebut hingga merata dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggulah beberapa saat hingga air perasan yang dioleskan pada wajah menjadi mengering, kemudian bilaskan dengan air bersih. Selain berfungsi sebagai obat tradisional penghilang jerawat, jeruk limau juga bermanfaat untuk menyegarkan wajah.

2. Mengatasi mata lelah
 
Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat dan sering menggunakan komputer dalam pekerjaan, tentunya hal ini akan menimbulkan kelelahan pada mata. Anda bisa menggunakan jerk limau sebagai bahan alami untuk mengatasinya. Khasiat jeruk limau mampu menyegarkan kembali mata anda yang lelah setelah beraktivitas seharian penuh. Caranya cukup mudah, hanya mencamurkan sari jeruk limau ke dalam wadah kecil kemudian campurkan dengan satu gelas air es, setelah itu celupkan kapas wajah yang bersih ke dalam wadah berisi campuran jeruk limau dan air es tersebut, kemudian kapas tersebut letakkan pada kedua mata Anda dengan kondisi mata yang tertutup. Lakukan perawatan ini untuk beberapa waktu, sehingga mata Anda menjadi segar kembali.

3. Mengatasi diabetes

Manfaat dan khasiat yang luar biasa dari jeruk limau yaitu dapat dijadikan sebagai obat tradisional penyakit diabetes mellitus. Dengan mengkonsumsi jeruk limau yang telah dicampur dengan air bersih, baik hangat maupun air mineral biasa, Anda bisa mengurangi kadar gula dalam darah. Dan dengan konusmsi rutin, Insya Alloh air perasan jeruk limau ini akan membantu proses penyembuhan penyakit kencing manis Anda menjadi lebih cepat.

4. Membersihkan noda

Telah menjadi rahasia umum, jika jeruk limau ini adalah ahlinya membersihkan kotoran atau lemak yang menempel pada piring, gelas atau perkakas dapur lainnya. Jika Anda merasa kesulitan untuk membersihkan kotoran pada perkakas dapur, tambahkanlah sari jeruk limau ke dalam sabun cuci piring Anda, maka jeruk limau akan bekerja cepat untuk menghilangkan noda akibat lemak membandel.

5. Menjaga kekebalan tubuh

Mungkin Anda bertanya, mengapa jeruk limau dikatakan sebagai bahan alami yang sangat efektif digunakan untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Hal ini karena jeruk limau memiliki kandungan vitamin C. Dan tentunya kandungan vitamin C dalam jeruk limau ini mampu menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh agar untuk menghadapi berbagai serangan bakteri atau virus sumber penyakit. 

Iutlah sajian informasi mengenai manfaat jeruk limau untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai khasiat buah jeruk limau bagi kesehatan. Simak sajian lengkap mengenai artikel kesehatan lainnya, hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel. Terima kasih..

0 comments "Khasiat Jeruk Limau untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment