Khasiat Bunga Kenanga untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Kenanga untuk Kesehatan - Mendengar nama Bunga Kenanga mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, tapi mengetahui manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan, bisa jadi tidak semua orang mengetahuinya. Berikut ini adalah sajian informasi mengenai khasiat bunga kenangan bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Bunga Kenangan untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Kenangan untuk Kesehatan

Sering pula disebut dengan nama Kenongo. Bunga ini sering digunakan untuk bunga tabur dan pohonnya sebagai peneduh. Bunga Kenanga ini berasal dari Asia Tenggara termasuk Indonesia, karena aroma yang dimilikinya, bunga ini juga sering disebut sebagai Pohon Parfum.

Untuk di daerah Jawa, bunga ini digunakan untuk keperluan ritual bersama melati dan mawar yang direndam dengan air dari 7 sumur, air rendaman tersebut dinamakan air bunga setaman. Air rendaman bunga ini biasanya digunakan untuk mandi bagi calon pengantin saat upacara siraman.

Selain terkenal karena aroma dan sebagai bunga tabur, manfaat bunga kenanga ternyata tidak berhenti sampai di situ. Mungkin tidak semua orang mengetahui, bunga kenanga ini ternyata memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh. Simak sajian lengkapnya berikut ini.

1. Jamu setelah melahirkan
  • Bunga kenanga yang masih muda
  • Kayu rapet
  • Pegatsih
  • Kunci pepet
  • Kunyit
  • Jongrahab
  • Jalawe
  • Jakeling
Tumbuk semua bahan sampai halus dan rebus dengan air panas, kemudian saring minumlah ramuan tersebut secara rutin, Insya Alloh bisa memulihkan kondisi ibu yang melahirkan dengan cepat.

2. Bronkitis
Selain melakukan pengobatan secara medis, jika anda memiliki keluhan penyakit bronkitis cobalah metode penyembuhan secara alami dengan menggunakan bunga kenanga, caranya cukup mudah kita hanya perlu menyediakan 2 bunga kenanga dan rebus sampai mendidih hingga air rebusan tersebut tersisa 1/2 gelas. minum secara rutin pagi dan sore

3. Obat Sesak Nafas
Bunga kenangan ternyata bisa juga dijadikan sebagai obat tradisional penyakit asma. Sediakan 1/2 genggam bunga kenanga dan 1 1/2 sendok gula putih rebus hingga tersisa setengah gelas, saring airnya dan minum secara rutin setiap pagi dan sore.

4. Malaria
Penyembuhan penyakit malaria dengan menggunakan bunga kenanga ini sangat sederhana. Pada tahap, awal kita perlu mengeringkan kuntum bunga kennaga sampai kering, setelah benar-benar kering ambil 3 buah kuntum bunga kenanga tersebut dan rebus hingga mendidih, saring airnya dan minum secara teratur.

5. Sakit Kuning
Cara membuat ramuan penyembuh penyakit kuning dengan bunga kenangan, siapkan 3 kuntum bunga kenanga masukkan ke dalam gelas yang berisi air panas, setelah itu ditutup hingga dingin, setelah itu minum 3 kali sehari sebanyak 1/3 gelas sekali minum

6. Mengobati kudis
Ambil 50 gram bunga kenanga cuci bersih dan tumbuk halus, tambahkan 20 cc minyak goreng kemudian panaskan sebentar, setelah dingin, oleskan pada bagian kulit yang terkena kudis, lakukan secara teratur hingga keluhan penyakit kudis sembuh.

7. Digigit serangga
Khaiat bunga kenanga untuk kesehatan yang terakhir kita bahas adalah mampu mengobati gigitan serangga. Siapkan 2 kuntum bunga kenanga, 1 kuntum bunga mawar, serta 10 kuntum bunga melati. Remas dengan 1 sendok teh minyak kelapa kemudian tempelkan pada bagian luka bekas gigitan serangga tersebut.

Itulah sajian Khasiat Bunga Kenanga untuk Kesehatan yang kami berikan. Kita bisa mengambil manfaat dari setiap keindahan yang tumbuh di halaman rumah kita, karena selain bermanfaat untuk kesehatan, bunga kenanga yang mudah untuk dibudidayakan ini mampu memberikan pengobatan secara alami tanpa menimbulkan efek samping. Semoga bermanfaat, aamiin..

0 comments "Khasiat Bunga Kenanga untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment